http://www.emocutez.com Hai.. u know me???

Senin, 07 Oktober 2013

Arsitektur Komputer dan Struktur Kognisi Manusia

Arsitektur Komputer dan Struktur Kognisi Manusia
A.Arsitektur Komputer
Struktur komputer adalah cara komponen - komponen komputer saling terkait dan berhubungan. Sedangkan fungsi komputer adalah operasi masing - masing komponen sebagai bagian dari struktur. Dalam pembahasan kali ini saya akan membahas tentang pengertian dari arsitektur komputer.
Perubahan Definisi Arsitektur Komputer
 1950 -1960 : Arsitektur komputer adalah suatu komputer aritmatik
 1970 – pertengahan1980 : Arsitektur computer adalah suatu desain instruksi untuk suatu kompiler
 1990 : Arsitektur komputer adalah suatu bentuk desain CPU, sistem memori, system I/O, multi prosesor dan network komputer
 2010 : Arsitektur komputer : suatu sistem yang  dapat beradaptasi sendiri, struktur yang dapat mengorganisasikan sendiri.
Dapat disimpulkan bahwa arsitektur komputer adalah spesifikasi  sekumpulan  instruksi  dan  unit hardware  yang  melaksanakan  instruksi  tersebut. Arsitektur Komputer mempelajari atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cacheRAMROMcakram keras. Beberapa contoh dari arsitektur computer adalah arsitektur von Neumann, CISC,RISC,Blue Gene, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.

                                                          www.ee.ui.ac.id - 480 × 360
B.  Struktur Kognisi Manusia
Struktur merupakan cara sesuatu disusun atau dibangun, yang disusun dengan pola tertentu, sedangkan kognitif menurut Livingstone, kognitif adalah kemampuan berpikir dimana yang menjadi objek berpikirnya terjadi pada diri sendiri. Segala sesuatu tentang pengetahuan, kesadaran, kontrol yang dihasilkan dari proses berpikir yang terjadi pada diri sendiri.
Struktur kognisi manusia adalah otak. Proses berfikir manusia sama halnya seperti proses kerja computer yang terdiri dari 3 tahap, yaitu :
1.    Tahap 1 : memasukkan informasi (input) ditangkap lewat panca indera.
2.    Tahap 2 : pemrosesan informasi (storage) melalui otak.
3.    Tahap 3 : pengeluaran informasi yang telah diolah (output) berupa ide / perilaku. 


C. Kesimpulan
            Hubungan arsitektur komputer dan kognisi manusia adalah keduanya sama – sama memproses sebuah informasi. Jika struktur arsitektur komputer adalah spesifikasi  sekumpulan  instruksi  dan  unit hardware  yang  melaksanakan  suatu instruksi tersebut, masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cacheRAMROMcakram keras. Sedangkan struktur kognisi manusia adalah kemampuan berpikir dimana yang menjadi objek berpikirnya terjadi pada diri sendiri. Dalam pengoperasian komputer, system yang digunakan sama seperti system kerja kognisi kita.
Perbedaanya adalah struktur kognisi manusia melibatkan manusia sebagai objek yang dapat mengontrol, menyusun serta membentuk proses berfikirnya sendiri, sedangkan arsitektur komputer adalah suatu program yang diciptakan oleh manusia yang sistemnya menyerupai otak manusia. Penggunaan icon-icon seperti folder di desain di computer dengan bentuk desktop, map . Lalu icon delete di desain dengan bentuk tempat sampah, dan lainnya itu dimaksudkan agar memudahkan kita dalam mengoperasikan computer.
Referensi :
Robbani, I. (2012). Struktur kognisimanusia. http://ibadurahmanrobbani.blogspot.com/2012/06/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html. Diakses tanggal 7 Oktober 2013.
Solso, M. (2008). Psikologi kognitif. Jakarta : Erlangga.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar